Select Menu

Slider

Siroh Nabawiyah

Sejarah Islam

Seputar Makkah

Seputar Madinah

Ibadah & Ziaroh

Kabar

» » Biografi Singkat Khulafa' Rosyidin
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(Menara Haramain) Setelah umat Islam ditimpa dengan kesedihan yang mendalam pasca meninggalnya Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam tercinta, seakan para sahabat kehilangan sosok pemimpin yang dicintainya. Namun hikmah Allah, Allah tekah mempersiapkan pengganti kepemimpinan umat Islam saat itu dengan sosok yang telah terdidik dalam lingkungan kenabian, dialah sahabat tercinta Abu Bakar Ash-Shidiq, sahabat serta mertua Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa Sallam. Dan sejak masa kepemimpinan Abu Bakar sampai Ali, masa ini disebut masa Khulafa' Rosidin. Berikut sidikit mengenai biografi para pemimpin mulia tersebut.


1.       Abu Bakar Ash-Shiddiq radliyallahu
Nama aslinya adalah Abdullah bin Abi Quhafah Utsman bin Ka'ab At-Taimi Al-Qurosyi. Beliau radliyallahu anhu menjadi Kholifah dari tahun 11 Hijriyyah sampai 13 Hijriyyah, dan meninggal pada bulan Jumadil Awwal, saat itu berusia 63 tahun.

2.       Umar bin Al-Khothob radliyallahu
Namanya adalah Umar bin Al-Khothob bin Nufail bin Abdul Uzza Al-Adawi Al-Qurosyi, dengan kunyah Abu Hafsh dan laqob "Al-Faruq". Umar ra mengantikan Abu Bakar radliyallahuanhuma sebagai Kholifah sejak tahun 13 Hijriyyah sampai 23 Hijriyyah. Dan beliau meninggal dalam usia 63 tahun  ditusuk oleh seorang Majusi yang bernama Abu Lu'Luah Al-Majusi.

3.        Utsman bin Affan radliyallahu
Namanya adalah Utsman bin Affan bin Abi Al-Ash bin Abdus Syams bin Abdul Manaf bin Qushoy Al-Umawi Al-Qurosy, dengan kunyah Abu Abdillah atau Abu Amru.  Beliau adalah sahabat serta menantu Nabi karena Utsman menikah dengan dua putri Nabi. Beliau menggantikan Umar bin Khothob radliyallahuanhuma sebagai kholifah sejak tahun 23 Hijriyyah sampai 35 Hijriyyah. Beliau meninggal dibunuh pada hari Jum'at di bulan Dzulhijjah saat terjadinya fitnah yang sampai saat ini belum diketahui siapa pembunuh Utsman, dan saat itu beliau berusia 82 tahun.

4.       Ali bin Abi Tholib radliyallahu

Namanya adalah Ali bin Abi Tholib bin Abdul Mutholib bin Hasyim bin Abdul Manaf Al-Qurosyi dengan kunyah Abul Hasan, sepupu sekaligus menantu Nabi. Beliau menjadi Kholifah setelah terbunuhnya Utsman radliyallahuanhuma pada tahun 35 Hijriyyah sampai 40 Hijriyyah. Beliu meninggal dibunuh oleh Abdurrohman bin Muljam Al-Khoriji pada tanggal 17 Ramadlan tahun 40 Hijriyyah dalam usia 63 Tahun.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply