Select Menu

Slider

Siroh Nabawiyah

Sejarah Islam

Seputar Makkah

Seputar Madinah

Ibadah & Ziaroh

Kabar

» » Seputar Masjidil Haram
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(Menara Haramain) Masjidil Haram  adalah sebuah masjid di kota Mekkah dan tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah Salat. Masjid ini juga merupakan Masjid terbesar di dunia. Masjid ini dibangun 40 tahun sebelum Masjid Aqsha.


Di dalam masjid ini terdapat  Ka'bah sebagai kiblat umat islam. Masjid ini dibangun oleh Nabi Ibrahim, dan menjadi tempat suci sejak masa sebelum islam. Setelah kota Makkah dikuasai umat Islam pasca Fath Makkah, Masjid Haram dibersihkan dari orang-orang Musyrikin.

Perluasan Masjidil Haram pertama dalam islam dimulai pada tahun 638 Masehi sewaktu Khalifah Umar bin Khattab, dengan membeli rumah-rumah di sekeliling Ka'bah dan diruntuhkan untuk tujuan perluasan, dan kemudian dilanjutkan lagi pada masa khalifah Usman bin Affan sekitar tahun 647 M.


Menurut hadits shahih, satu kali salat di Masjidil Haram sama dengan 100.000 kali salat di masjid-masjid lain. Dan masjid ini adalah salah satu dari tiga tempat yang disunnah kan untuk dikunjungi oleh umat Islam. Seluruh umat Islam diperintah untuk memalingkan wajahnya kearah masjidil haram saat shalat di manapun berada, hal ini berdasarkan Surah Al-Baqarah ayat 149 dan 150

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply