Select Menu

Slider

Siroh Nabawiyah

Sejarah Islam

Seputar Makkah

Seputar Madinah

Ibadah & Ziaroh

Kabar

» » Mengenal Buah Hati Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(Menara Haramain) Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam dalam kehidupannya dikaruniai oleh Allah subhanahu wa ta'ala tujuh orang anak, 3 laki-laki dan 4 perempuan. Sebagai seorang muslim sangat malu rasanya jika kita sangat hafal biografi artis, pemain bola, penyanyi dan lain sebagainya, kita hafal biografinya bahkan dengan siapa mereka berteman kita mengetahuinya. Namun tatkala ditanya siapa anak-anak Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam, siapa istri-istri Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam, tidak sedikit yang menggelengkan kepala tanda tidak tahu. Miris, namun inilah kenyataan yang ada pada generasi saat ini.


Dalam artikel singkat ini mari kita mengenal anak-anak Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam. Dari tujuh anak Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam semuanya terlahir dari Ibunda Khodijah radliyallahu anha, kecuali Ibrahim yang terlahir dari Maria Al-Qibthiyyah. Berikut ini anak-anak Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam :

Anak Laki-Laki :

1.    Al-Qasim bin Muhammad, terlahir dari Rahim Ibunda Khadijah radliyallahu anha. Al-Qasim terlahir sebelum Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam diangkat menjadi nabi, dan meninggal saat masih kecil. Nabi Muhammad mempunyai julukan kunyah Abul Qasim, karena anak pertamanya adalah Al-Qasim, namun ada perbedaan pendapat antara ulama' mengenai anak pertama, Al-Qasim atau Zainab.

2.  Abdullah bin Muhammad, terlahir dari Rahim Ibunda Khadijah radliyallahu anha. Abdullah terlahir setelah Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam diangkat menjadi nabi, dan meninggal saat masih kecil. Abdullah mempunyai nama lain, Thayyib dan Thahir. Dan mengenai sebab kematiannya, ada yang mengatakan karena dipatuk ayam pada pipi dekat matanya.

3.  Ibrahim bin Muhammad, terlahir dari Rahim Maria Al-Qibthiyyah radliyallahu anha. Ibrahim terlahir pada tahun 8 Hijriyyah, dan meninggal pada tahun 10 Hijriyyah saat masih berumur dua tahun.

Anak Perempuan :

1.  Zainab binti Muhammad, anak perempuan tertua Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam. Lahir dari Rahim Ibunda Khodijah pada saat Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam berumur 30 tahun (10 tahun sebelum diangkat menjadi nabi). Zainab menikah dengan Abu Al-'Ash bin Rabi' dan melahirkan dua orang anak, Ali bin Abi Al-'Ash dan Umamah binti Abi Al-'Ash (dinikahi Ali bin Abi Thalib setelah meninggalnya Fatimah). Dan Zainab meninggal pada tahun 8 Hijriyyah.

2.  Ruqoyyah binti Muhammad, terlahir dari Ibunda Khodijah pada saat Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam berusia 33 tahun. Ruqoyyah menikah denga Utsman bin Affan radliyallahu anhu dan melahirkan seorang anak yang bernama Abdullah bin Utsman (w 4 H), Ruqoyyah meninggal pada tahun kedua hijriyyah.

3. Ummu Khultsum binti Muhammad, terlahir dari Ibunda Khodijah. Dan terjadi perbedaan pendapat mengenai siapa anak terkecil Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam? Ummu Kultsum atau Fathimah?. Ummu Kultsum dinikahi oleh Utsman bin Affan setelah meninggalnya Ruqoyyah, saudarinya. Dan Ummu Kultsum meninggal pada tahun 9 hijriyyah.

4.    Fathimah binti Muhammad, terlahir dari Ibunda Khodijah pada saat Nabi berusia 41 tahun (setahun setelah diangkat menjadi nabi). Fathimah dinikahi oleh Ali bin Abi Thalib dan melahirkan Al-Hasan bin Ali, Al-Husain bin Ali, Ummu Kultsum binti Ali, dan Zainab binti Ali. Fathimah meninggal pada tahun 11 hijriyyah, beberapa bulan setelah meninggalnya Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam.

Mereka adalah anak-anak Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam, dan ini bukti bahwa Muhammad Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam adalah seorang manusia biasa yang dimuliakan oleh Allah menjadi utusan-Nya. Tidak seperti yang diklaim oleh beberapa kalangan, yang mengkultuskan Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam sehingga menjadikan dirinya manusia setengah tuhan. Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam bisa bahagia dan bisa sedih tatkala anak-anaknya meninggal, karena Rasulullah Shallallahu alaihi wa Sallam seorang manusia. Allah berfirman :

قل إنما أنا بشر مثلكم يوحى إلي أنما إلهكم إله واحد.......


"Katakanlah: ‘Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia sepertimu, yang diwahyukan kepadaku: ‘Bahwa sesungguhnya Ilahmu itu adalah Ilah Yang Esa.’……" (QS. Al-Kahfi :110)


Ditulis : 19 November 2016, Madinah Munawwarah

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply