Select Menu

Slider

Siroh Nabawiyah

Sejarah Islam

Seputar Makkah

Seputar Madinah

Ibadah & Ziaroh

Kabar

» » Mengenal Ummahatul Mu'minin (Istri Nabi)
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

(Menara Haramain) Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam selama beliau hidup, beliau mempunyai 11 istri dan beberapa budak. Dalam artikel kami hanya akan menyebutkan nama-nama Ummahatul Mu'minin serta tahun wafatnya, dan mereka adalah sebagai berikut :


1.     Khodijah binti Khuwailid (wafat pada tahun kesepuluh kenabian). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya sebelum diangkat menjadi Nabi. Dan usia beliau pada saat itu 25 tahun, sedangkan usia Ibunda Khodijah saat itu 28 tahun (menurut pendapat yang kuat), ada juga riwayat yang mengatakan berumur 40 tahun.

2.    Aisyah binti Abu Bakar As-Shidiq. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada bulan Syawwal tahun kesepuluh kenabian. Dan mulai tinggal bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pada bulan Syawwal tahun 1 Hijriyyah. Ibunda Aisyah meninggal pada tahun 57 Hijriyyah.


3.    Saudah binti Zam'ah (wafat tahun 55 Hijriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada bulan Syawwal tahun kesepuluh kenabian.

4.     Hafshoh binti Umar (wafat tahun 45 Hijriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada bulan Sya'ban tahun 3 Hijriyya.

5.     Ummul Masakin Zainab binti Khuzaimah (wafat tahun 4 Hijriyyah di bulan Rabi Al-Awwal). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada bulan Ramadlan tahun 3 Hijriyyah.

6.    Zainab binti Jahsy (wafat tahun 20 Hijriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada tahun 3 Hijriyyah.

7.    Ummu Salamah Hindun binti Abi Umayyah (wafat tahun 61 Hijriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada tahun 4 Hijriyyah.

8.    Juwairiyah binti Al-Harits (wafat tahun 50 Hiriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada tahun 5 Hijriyyah.

9.    Ummu Habibah Ramlah binti Abi Sufyan (wafat tahun 44 HIjriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada tahun 7 Hijriyyah.

10.  Shofiyyah binti Huyyai Al-Akhthab Al-Yahudi (wafat tahun 50 Hijriyyah), dan beliau adalah keturunan Nabi Harun alaihis salam. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada tahun 7 Hijriyyah.

11.   Maimunah binti Al-Harits (wafat tahun 51 Hijriyyah). Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam menikahinya pada tahun 7 Hijriyyah.


Di antara para Ummahatul Mu'minin, ada dua yang meninggal pada saat Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam masih hidup, dan 9 yang meninggal setelah Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam. Dan melalui tahun pernikahan yang telah kami sebutkan, terlihat jelas bahwa sejak muda sampai berumur 50-an, beliau  setia bersama Khodijah dan tidak menikahi wanita lain. Hal ini membantah fitnah kaum orientalis dan liberalis yang mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam gila wanita. Seandainya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam seperti yang mereka tuduhkan, niscaya Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam akan mulai banyak menikah sejak muda, karena masa muda adalah masa bergeloranya jiwa. adapun pernikahan beliau dengan istri-istrinya terjadi karena beberapa sebab yang insya Allah akan kami paparkan pada kesempatan yang lain, bukan hanya dorongan nafsu semata seperti yang dituduhkan oleh mereka.

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply